Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Batu Ginjal dan Cara Mengolahnya

Khasiat serta manfaat daun kumis kucing untuk mengobati batu ginjal secara herbal dan aman dapat anda peroleh dengan ramuan atau mengolahnya sebagai jus yang enak tentunya menyehatkan. Untuk membuat jus daun kumis kucing sebagai terapi pengobatan organ ginjal sebaiknya menggunakan bahan kombinasi lain baik buah, sayur dan biji-bijian. Gunanya supaya kandungan gizi pada ramuan jus lebih optimal sehingga bisa bermanfaat menyehatkan ginjal salah-satunya untuk mengatasi batu ginjal.
Fungsi utama organ ginjal adalah mengeluarkan limbah, zat sisa dan zat racun dari aliran darah dalam bentuk cairan. Setiap hari organ penting ini bertanggung jawab atas zat sisa metabolisme hingga kurang lebih 1500 ml.

Ketika fungsi ginjal menurun maka proses pengeluaran ini tidak akan berlangsung sempurna. Dan apabila dibiarkan dalam waktu lama, maka akan muncul masalah kesehatan yang dikenal dengan istilah batu ginjal. Rekomendasi herbal qnc selain sebagai obat ginjal bengkak juga sangat ampuh untuk mengobati batu ginjal juga.

Pembuatan daun-daun sebagai olahan obat herbal tidak boleh sembarangan. Maksudnya komposisi bahan mesti diperhatikan dengan benar, tidak boleh berlebihan atau kurang. Apabila berlebihan, dikhawatirkan menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan. Tetapi apabila ukuran yang digunakan kurang, manfaat obat pada bahan tersebut tidak optimal atau tidak sesuai.

Sama halnya dengan bahan-bahan herbal lain, daun kumis kucing juga mempunyai nama atau sebutan berbeda di beberapa daerah. Di pulau jawa misalnya, daun yang berkhasiat untuk kesehatan ginjal ini dikenal dengan nama Remujung. Sementara itu, masyarakat internasional menyebut daun kumis kucing dalam bahasa inggris dengan nama Kidney tea plants atau Java tea.

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Ginjal

Menjaga kesehatan organ ginjal merupakan keharusan bagi semua orang jika tidak ingin terkena penyakit berbahaya seperti kencing manis (diabetes melitus), Anuria (tidak bisa memproduksi urin), Nefritis glomerulus (radang ginjal), Nefrosis (bengkak pada bagian tubuh tertentu), dan Gagal ginjal.

Tentunya anda pasti setuju dengan slogan 'Mencegah lebih baik daripada mengobati'.

Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan cara sederhana yakni memperbanyak konsumsi air putih, olahraga rutin supaya metabolisme berjalan dengan baik, jangan terlalu sering menahan buang air kecil sebab mengendap membentuk batu ginjal dan untuk anda yang sering duduk dalam waktu yang lama karena pekerjaan.

Dari hasil penelitian medis, manfaat daun kumis kucing untuk ginjal merupakan mampu meluruhkan batu ginjal serta memperlancar buang air kecil sehingga proses pembuatan zat sisa dan zat racun dapat dilakukan secara maksimal. Hal tersebut berkat adanya kandungan zat gizi yakni jenis fitokimia bermanfaat yang disebut Orthosipon glikosida.

Diantara jenis bahan buah untuk ginjal sehat dan kuat ialah anggur, apel, melon, jeruk bali, semangka, pisang, stroberi, dan air kelapa muda. Pada olahan ramuan jus sehat ini kami memakai bahan tambahan berupa buah semangka, stroberi serta melon karena kandungan mineral dan vitamin pada jenis buah-buahan tersebut mempunyai khasiat untuk kesehatan ginjal.

Berikut Cara Mengolah Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Batu Ginjal

Jus daun remujung semangka

Bahan-bahan :

  • 100 g daun remujung
  • 200 g buah semangka
  • 100 g stroberi
  • 1 sdt biji kenari


Cara mengolah

  • Daun remujung (kumis kucing) dibersihkan dengan air mengalir, kemudian ambil airnya menggunakan juice extractor atau peras manual. Semangka juga diambil airnya.
  • Masukkan air daun remujung, air semangka, stroberi ke dalam blender.
  • Proses beberapa saat hingga menjadi halus.
  • Sajikan dalam gelas, tambahkan topping biji kenari.

Catatan :
Buah semangka mengandung 4 jenis mineral penting bagi kesehatan ginjal yaitu kalium, kalsium, magnesium, dan natrium dalam jumlah sesuai.

Jus Daun Kumis Kucing

Bahan-bahan

  • 100 gram daun kumis kucing
  • 200 gram melon
  • 50 gram stroberi
  • 1 sdm flax seed

Cara membuat jus

  • Daun kumis kucing dicuci memakai air mengalir, ambil sarinya memakai juice extractor.
  • Melon diambil sari buahnya, bisa memakai juice extractor atau diperas manual.
  • Masukkan sari daun kumis kucing, sari melon, dan buah stroberi ke dalam gelas blender, haluskan.
  • Tuang ke gelas, sajikan dengan tambahan topping flax seed agar jus lebih enak.

Catatan :
Manfaat daun kumis kucing untuk mengobati ginjal akan bertambah luar biasa berkat buah stroberi dan flax seed yang mempunyai zat anti inflamasi. Zat ini berguna untuk mengurangi peradangan serta meningkatkan fungsi kandung kemih.

0 Response to "Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Batu Ginjal dan Cara Mengolahnya"

Poskan Komentar