Manfaat Daun Sukun Untuk Ginjal Dan Cara Mengolahnya

Adanya obat herbal untu mengobati berbagai macam penyakit semakin banyak diminati. Manfaat daun sukun untuk ginjal bisa menjadi solusi penyembuhan gangguan kesehatan ginjal tanpa mesti mengeluarkan biaya mahal dan operasi. Untuk meramu daun sukun menjadi obat herbal berbeda-beda tergantung jenis gangguan yang di derita si pasien.

Ingat! Jangan sampai salah mengolahnya karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi sebagai cemilan keripik, pohon sukun juga memiliki sejuta manfaat pada daunnya. Umumnya, obat alami berbahan dasar dedaunan diolah dengan direbus terus di minum airnya atau menjemur daun sampai kering. Kemudian langsung diminum atau ditambahkan bahan-bahan lainnya

Kandungan Yang Dimiliki Daun Sukun Bagi Kesehatan
Manfaat daun sukun untuk mengobati penyakit berbahaya seperti ginjal bengkak bisa dilihat dari kandungan di dalamnya. Beberapa zat alami seperti asam hidrosinat, tanin, riboflavin, asetilcolin bermanfaat untuk melawan sumber penyakit berbahaya tersebut.

Sebuah Penelitian modern baru-baru ini dilakukan seorang peneliti asal cina, hasil riset menemukan fakta apabila fungsi daun sukun sangat berguna untuk proses penyembuhan penyakit kardiovaskular.

Cara Mengolah Daun Sukun Sebagai Obat Herbal

Supaya manfaat serta khasiat yang dimiliki oleh daun sukun tersebut dapat diperoleh secara maksimal oleh tubuh dan untuk menghindari terjadinya efek samping keracunan yang berbahaya untuk kesehatan, beikut merupakan cara yang baik untuk membuat daun sukun mulai dari proses pemilihan bahan, penjemuran sampai proses pembuatan/perebusan.

  1. Usahakan memilih daun yang sudah tua atau akan lebih baik daun yang warnanya kuning.
  2. Hindari mengambil daun yang sudah jatuh ke tanah, jadi agar khasiat daun sukun bisa maksimal sebaiknya langsung memetik dari pohonnya.
  3. Jika olahan herbal memakai daun yang masih segar, hindari mengolah daun yang cacat (banyak lubang, kotor, warna tidak merata). Biasakan mencuci dengan air mengalir sebelum mengolah daun sukun.
  4. Jika olahan herbal menggunakan daun kering, jemur dibawah sinar matahari sampai mereka benar-benar kering.
  5. Cara merebus daun sukun yang benar hendaknya selalu memakai gerabah tanah liat atau paling tidak panci stainless steel. Hindari memakai panci aluminium karena zat pada daun bisa menimbulkan reaksi yang beresiko membahayakan kesehatan.

Seperti Contohnya:

Bahan-bahan

  • 2 lembar daun sukun
  • 3 liter air bersih
  • Gula atau madu

Cara mengolahnya :

  • Ambil daun yang berwarna kungin langsung dari pohonnya, potong-potong lalu jemur hingga kering.
  • Rebus dengan 2 liter air hingga tersisa setengahnya saja (tersisa 1 liter air), matikan api.
  • Setelah didiamkan beberapa saat, tambahkan lagi 1 liter air hingga air rebusan daun sukun kembali menjadi 2 liter.
  • Rebus beberapa waktu hingga mendidih. Matikan api dan tunggu hingga hangat.
  • Air teh daun sukun yang dihasilkan berwarna kemerahan, rasanya sedikit pahit dan cenderung tidak berbau.
  • Cara meminumnya bisa ditambahkan madu atau gula secukupnya sebagai perasa.
  • Jika ingin menyimpannya, simpan di botol kaca atau plastik kemudian masukkan ke lemari pendingin.

NB:

Teh daun sukun berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, menyembuhkan penyakit kardiovaskuler, bersifat anti-inflamasi sehingga berguna dalam pencegahan penyakit peradangan.

0 Response to "Manfaat Daun Sukun Untuk Ginjal Dan Cara Mengolahnya"

Poskan Komentar