Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Ginjal

Sayuran hijau pelengkap masakan yang mempunyai rasa segar yaitu dikenal dengan seledri. Ternyata, sayur ini mempunyai manfaat bagi kesehatan yang luar biasa banyak. Diantaranya cara untuk memperoleh manfaat alami tersebut adalah dengan mengolahnya menjadi jus atau minuman segar dan segar tentunya menyehatkan untuk ginjal.

Penelitian para ahli  mengungkapkan, Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Ginjal memang benar terbukti adanya. Selain itu juga bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), menurunkan kolesterol, dan mencegah kegemukan karena jenis seratnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Tentunya olahan seledri sangat baik untuk diet, karena konsumsi jus sayur seledri tersebut mampu memberikan rasa kenyang lebih lama seperti halnya buah apel.

Seledri adalah jenis tanaman dataran tinggi yang ditanam dari biji. Apabila sayur seledri ditanam di dataran rendah, maka ukuran batangnya cenderung kecil sehingga banyak dimanfaatkan sebagai penyedap masakan.

Mulai dari akar, batang, daun sampai biji tanaman seledri bisa dimanfaatkan dalam bidang pengobatan herbal. Akar seledri mentah merupakan sumber vitamin C, fosfor, dan kalium yang berfungsi memperbanyak produksi urin (air kencing) serta memacu keluarnya enzim pencernaan. Bijinya berguna sebagai peluruh kencing, pereda kolik, menurunkan kadar asam urat, antirematik, peluruh kentut, afrosidiak, peluruh haid, dan sebagai zat penenang alami.

Sedangkan bagian yang sering dimanfaatkan yakni batang dan daunnya, mempunyai manfaat untuk kesehatan yang luar biasa apabila diolah sebagai minuman atau jus seledri.

Khasiat Lain dari Seledri Selain Sebagai Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Ginjal

1. Senyawa 3-n-butylphthalide pada sayur seledri berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anti-inflamasi, anti-kejang, dan mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Senyawa 3-n-butylphthalide ini juga berkhasiat untuk menghambat enzim xanthine oxidase sehingga dapat membantu menurunkan produksi asam urat berlebih.

3. Silikon merupakan zat nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang yang berperan untuk perbaikan persendian, tulang, arteri, dan jaringan ikat sehingga bermanfaat untuk mengatasi penyakit rematik sendi (osteoartritis, reumatoid artritis, dan gout), pegal linu, vertigo serta masuk angin.

4. Manfaat jus seledri untuk ginjal bisa dilihat dari kandungan mineral natrium yang berperan penting sebagai pelepas deposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi.

5. Senyawa L-triptofan dalam olahan jus seledri bermanfaat sebagai anti-oksidan yang dapat mencegah aterosklerosis (peradangan yang terjadi pada dinding pembuluh darah) dengan cara menghambat terjadinya proses oksidatif.

6. Jus seledri baik untuk diet menurunkan berat badan, sebab kandungan serat dalam seledri membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

7. Tidak hanya itu, manfaat jus seledri bagi kesehatan tubuh juga bisa dibuktikan dari kemampuannya sebagai pembersih darah. Proses ini disebut detoksifikasi dan seledri merupakan salah satu sayuran dengan kandungan enzim PST-P yaitu jenis fitokimia tertentu yang sangat berperan dalam sistem detoksifikasi utama.

8. Jus sayur seledri juga mengandung senyawa phenolic acid yang dapat menghambat kerja prostagladin sehingga pertumbuhan sel tumor dapat dicegah sejak dini.

9. Khusus bagi ibu hamil, manfaat minum jus seledri dapat melindungi jaringan otak janin dari kekurangan oksigen, menghambat pelepasan gluthatione dari synaptosomes dan mempunyai efek neuroprotektif pada celebral ischemia sehingga dapat mencegah tersumbatnya aliran darah ke otak janin maupun ibu sendiri.

10. Dalam 100 gram seledri terkandung 494 IU vitamin A yang berkhasiat untuk merawat mata, mengobati mata kering, menyuburkan rambut dari akarnya, dan sebagai sumber antioksidan.

11. Minum jus seledri juga bermanfaat untuk membunuh bakteri dan jamur dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa poliasetilena pada sayur seledri bersifat anti-bakteri dan anti-jamur.

Catataan:

Jangan mengkonsumsi sayuran ini secara berlebih karena kandungan sodium atau natrium di dalamnya tergolong tinggi yaitu 35 mg pada tiap tangkainya. Untuk sebagian orang, kelebihan asupan natrium justru beresiko meningkatkan tekanan darah.

Menurut para ahli, seledri yang digoreng bersama telur dapat membantu menurunkan tekanan darah sekaligus menenangkan saraf. Dan bila direbus dengan Chinese dates, khasiatnya yaitu mengobati sakit kuning akut.

Sebelum mengolah seledri menjadi jus sayur sehat maupun olahan herbal lainnya, pastikan anda memilih seledri yang tangkainya renyah dan mudah dipatahkan (getas), hindari seledri yang sudah mengeluarkan biji karena rasanya pahit. Kedua ciri tersebut merupakan tanda jika seledri yang akan Anda olah masih segar dan penuh nutrisi bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Ginjal"

Posting Komentar