Manfaat Jus Mengkudu Untuk Kesehatan Ginjal

Buah mengkudu dikenal dengan sebutan pace masih dianggap tanaman liar yang tidak berguna. Aromanya menyengat serta tekstur daging buah yang lembek semakin membuat buah ini tidak menarik untuk dikonsumsi.
Walaupun demikian, ada cara khusus untuk membuat jus mengkudu yang enak dan jika ditambah bahan tertentu, masalah bau tak sedap bisa diatasi dengan mudah.

Pemanfaatan mengkudu sebagai ramuan obat herbal maupun minuman kesehatan sudah lama diketahui oleh banyak orang termasuk masyarakat indonesia.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Hawaii pada tahun 1993 mengungkap fakta bahwa buah pace memiliki manfaat untuk kesehatan yang luar biasa banyak.

Zat scopotelin dalam mengkudu berfungsi untuk mengikat serotonin, salah satu zat kimiawi penting bagi tubuh manusia.

"Tahukah anda, penyebab mengkudu berbau menyengat adalah bercampurnya asam kaproat dan asam kaprik di dalam buah tersebut"

Dengan meminum jus mengkudu, maka tubuh akan memperoleh asupan zat scopotelin yang dapat memperlebar saluran pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah.

Selain itu, zat ini juga terbukti mampu membunuh bakteri jahat, bersifat fungisida (pembunuh jamur), anti-peradangan serta anti-alergi.

Karena sifatnya itulah, ekstrak buah mengkudu memiliki khasiat untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit seperti darah rendah, darah tinggi atau hipertensi, arthritis, kanker, diabetes, stroke jantung koroner, ginjal bengkak dan lain-lain.

Cara membuat jus mengkudu agar tidak bau dan rasanya enak untuk diminum yaitu pilih buah yang sudah masak tetapi masih berwarna hijau tua.

Mengapa demikian?

Karena mengkudu matang yang berwarna hijau memiliki kandungan bioaktif paling tinggi dan baunya berada pada kadar paling rendah. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti anggur atau apel sehingga aroma tidak sedap pada jus dapat berkurang.

Pantangan yang harus dihindari saat mengkonsumsi jus buah mengkudu adalah meminum kopi, teh atau minuman beralkohol. Selain itu, hentikan dulu kebiasaan merokok agar khasiatnya bisa terasa dalam beberapa hari kedepan.

Cara membuat :
Kupas mengkudu kemudian buang bijinya.
Blender sampai halus bersama apel atau anggur (anda juga bisa menyertakan keduanya).
Tuang ke dalam gelas dan tambahkan madu untuk pemanis jus.
Minum segera (jangan disimpan karena mudah basi) dua kali sehari.
Manfaat resep : Mengobati sakit kuning karena peradangan hati, radang ginjal, radang limpa karena serangan malaria dan membantu membuang cairan empedu serta kolesterol berlebih. Menyembuhkan radang saluran kencing atau anyang-anyangan (kencing sedikit-sedikit dan terasa nyeri).

0 Response to "Manfaat Jus Mengkudu Untuk Kesehatan Ginjal"

Posting Komentar